Press Enter to Search

Batam Expo 2013

c
May 2nd, 2013

Gallery Acara


Batam, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batam, Ny. Mariana Ahmad Dahlan hadir dalam pembukaan Batam Expo ke- 13 bertempat di gedung Sumatera Promotion Centre, Kamis (2/5).

Batam Expo secara resmi dibuka Walikota Batam, Ahmad Dahlan ditandai dengan pemukulan gong didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Batam, Bupati Labuhan Batu, H. Tigor Panusunan Siregar, Konsulat Singapura di Kepri, Raj Kumar, Kepala Badan Penanaman Modal (BPM) Kota Batam, Gustian Riau dan Ketua Penyelenggara.

Direktur PT Solindo Duta Convex, Khairul Umaya sebagai pihak penyelenggara mengatakan, Kegiatan Batam Expo yang telah menjadi event tahunan nasional di Batam, kali ini  adalah yang ke- 13 kalinya digelar secara berturut-turut setiap tahun di  Batam. Jumlah stand yang ikut serta dalam expo ini sebanyak 95 stand dari berbagai wilayah di Indonesia dengan jumlah delegasi 1000 orang, jelas Khairul.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Batam Expo tahun ini mengalami penurunan 35 stand. Menurut Khairul hal tersebut disebabkan karena banyaknya gelaran event nasional yang sama, salah satunya adanya kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Palangkaraya, Kalimantan.  Masih kata Khairul, walaupun dari jumlah stand mengalami penurunan, namun Batam telah berhasil menjadi kota Mice (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition) dimana kegiatan seperti ini sering berlangsung di Batam.

Bersempena dengan hari Pendidikan nasional,  panitia juga menggelar berbagai lomba dari tingkat SD sampai dengan tingkat SMA, serta panggung hiburan guna menambah semaraknya expo.

Walikota Batam menambahkan, setiap tahunnya penyelenggaraan Batam Expo selalu mendapatkan sambutan yang luar biasa dari berbagai daerah di Indonesia, karena Batam adalah destinasi wisata peringkat ketiga setelah Bali dan Jakarta. Tahun 2012 lalu Batam mendapatkan kunjungan wisatawan asing sebanyak 1,2 juta orang.  Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan domestik ke Batam setiap tahunnya mencapai 5 juta orang, baik itu singgah maupun yang hanya sekedar lewat saja.

Hal ini dikatakan Dahlan karena letak Batam yang sangat strategis sehingga menarik wisatawan berkunjung. Tiap hari 300 sampai 400 kapal melintas di Batam, Oleh karena itu, selain Batam sebagai kota perdagangan, industri, jasa, alih kapal dan pariwisata, Batam juga sebagai kota mice, dimana berbagai daerah banyak yang mengadakan kegiatan seminar, pameran dan berbagai acara lainnya di Batam.

“Terima kasih atas kehadiran dan kepercayaan kepada Batam, ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Batam,” kata Dahlan.

Untuk  pelaksanaan expo khususnya Batam Expo, Pemerintah Kota Batam selalu komit untuk membantu mempromosikan ke masyarakat luas, lanjut Dahlan. Dalam kesempatan tersebut Dahlan mengajak yang hadir untuk bekerjasama dengan semua komponen masyarakat dalam mendukung pembangunan bangsa khususnya Kota Batam.

“Semoga Batam dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional, serta terima kasih pada semua pihak yang telah ikut menjaga Batam,” pungkas Dahlan.

Batam Expo 2013 yang berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 2 – 5 Mei 2013 ini  diperkirakan akan banyak dikunjungi masyarakat  yang  ingin melihat berbagai produk atau potensi daerah yang disajikan di setiap stand.

PKK Kota Batam melalui stand UKM Kota Batam ikut menampilkan hasil karya ibu-ibu PKK Kecamatan se Kota Batam. Beberapa hasil kerajinan berupa souvenir dan berbagai olahan makanan ringan disajikan. Sedangkan Dekranasda Batam  turut berparti sipasi dengan membuka stand dalam expo tersebut. Kerajinan berupa handycraft dari pengrajin ditampilkan dalam stand ini. Selain itu dipamerkan pula 10 motif batik khas Batam serta berbagai makanan ringan produksi pelaku UMKM Batam.

Hadir juga dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri, Ketua Dekranasda Propinsi Sumatra Utara, Ny. Sutiyas Handayani Gatot, Ketua DWP Kota Batam, Roza Maria Agussahiman.

There are no comments yet, add one below.